Saturday, February 9, 2013

SILSILAH SIREGAR

siregar1 Marga Siregar 

Marga ialah identitas seorang Batak. Coba bayangkan, jika orang Batak tidak memiliki marga ..:)
Peran marga dalam kehidupan budaya Batak sangat penting dan berpengaruh.
Selain daripada identitas, marga juga merupakan bentuk terjemahan dan penerapan dari dalian na tolu sebagai landasan budaya Batak.
Istilah marga dapat didefinisikan sebagai kelompok orang yang berasal dari
keturunan seorang nenek moyang yang sama dan garis keturunan diperhitungkan melalui pihak
laki-laki atau ayah (patrilineal).
Pada umumnya orang Batak mengelompokkan diri mereka ke dalam beberapa marga (klan) dan tiap-
tiap marga selalu menempatkan diri mereka sebagai keturunan dari seorang tokoh nenek-moyang yang berlainan asal. Tokoh leluhur suatu marga biasanya bersifat legendaris,
dan senantiasa mereka tempatkan di awal silsilah keturunan (tarombo) mereka.
Tarombo ialah catatan tentang silsilah keturunan.Dengan adanya tarombo ini, setiap marga dapat mengetahui asal-usul dan jumlah keturunan mereka sampai
sekarang.Tarombo menjadi sumber sejarah asal-usul orang Batak di masa lalu.
Dengan tarombo, seseorang mengetahui, apakah ia harus memanggil satu sama lain dengan kahanggi (saudara semarga), namboru atau bouk (saudara perempuan Ayah),udak (paman, saudara laki-laki Ayah),
iboto atau ito (saudara perempuan), ompung, tulang, nantulang, borutulang, amangboru, amangtua, amanguda, nanguda, inangtua atau nattobang, pariban,
dan seterusnya.
Marga dan tarombo adalah warisan budaya Batak yang memiliki nilai-nilai luhur.
Menurut sejarahnya, leluhur asli suku bangsa Batak ialah Si Raja Batak yang bermukim di daerah Pusuk Buhit di kampung Sianjur Mula-Mula, di pinggiran Danau Toba, lebih kurang 8 km arah barat Kota Pangururan, ibukota Kabupaten Samosir.
Si Raja Batak diperkirakan hidup sekitar tahun 1200 (awal abad ke-13).
Si Raja Batak memiliki tiga orang anak, yaitu Guru Tateabulan, Raja Isombaon, dan Toga Laut. Dari ketiga orang inilah dipercaya terbentuknya marga-marga Batak.
Dari istrinya yang bernama Si Boru Baso Burning, Guru Tatea Bulan memperoleh 5 orang putra— Si Raja Biak-Biak, Tuan Sariburaja, Limbong Mulana, Sagala Raja, Malau Raja— dan 4 orang putri, yaitu: Si Boru Pareme,
Si Boru Anting Sabungan, Si Boru Biding Laut, Si Boru Nan Tinjo.
Si Boru Pareme yang kawin dengan Tuan Sariburaja melahirkan seorang putra yang diberi nama Si Raja Lontung.
Si Raja Lontung yang merupakan putra pertama dari Tuan Sariburaja mempunyai 7 orang putra—Tuan Situmorang (keturunannya bermarga Situmorang), Sinaga Raja (keturunannya bermarga Sinaga), Pandiangan (keturunannya bermarga Pandiangan),
Toga Nainggolan (keturunannya bermarga Nainggolan),Simatupang (keturunannya bermarga Simatupang), Aritonang (keturunannya bermarga Aritonang), Siregar(seluruh keturunannya bermarga Siregar)—
dan 2 orang putri, yaitu: Si Boru Anakpandan yang kawin dengan Toga Sihombing, Si Boru Panggabean yang kawin dengan Toga Simamora.
Karena semua putra dan putri dari Si Raja Lontung berjumlah 9 orang, maka mereka sering dijuluki dengan nama Lontung Si Sia Marina (Si Sia Marina = Sembilan Satu Ibu), Pasia Boruna Sihombing Simamora.
Siregar merupakan anak bungsu dari 9 bersaudara ini.
Menurut hikayat, Si Raja Lontung bermukim di Desa Banuaraja yang terletak di daerah perbukitan sebelah atas Desa Sabulan, di pinggiran Danau Toba, berseberangan dengan Pangururan di Pulau Samosir. Pada suatu masa, terjadi banjir besar yang melanda Desa Banuaraja dan Sabulan.
Anak-anak keturunan Si Raja Lontung terpaksa mengungsi. Sinaga dan Pandiangan ke Urat-Samosir, Nainggolan ke Nainggolan-Samosir, Simatupang dan Aritonang ke Pulau Sibandang, dan Siregar ke Aeknalas-Sigaol. Sedangkan, Situmorang hanya sampai di Sabulan.
Suatu ketika Aritonang memanggil adiknya Siregar dari Aeknalas-Sigaol ke Desa Aritonang di Muara, yang akhirnya kemudian menetap dan beranak-pinak di situ. Selanjutnya dari Desa Aritonang-lah marga Siregar menyebar ke sekitar Muara.
Konon kabarnya, kemarau panjang pernah melanda Muara yang menyebabkan gagal panen sehingga beberapa keturunan marga Siregar merantau ke arah Siborongborong-Humbang dan langsung membangun kampung di sana yang diberi nama Lobu Siregar.
Untuk mencari penghidupan yang lebih baik, dari sini ada sebagian dari mereka yang menjelajah ke arah Pangaribuan dan sebagian lagi menuju Desa Sibatangkayu. Setelah bermukim beberapa lama, dari sini mereka berangkat lagi ke Bungabondar, Sipirok hingga ke Angkola-Tapanuli Selatan.
Mendengar saudara-saudaranya berhasil di perantauan, keturunan marga Siregar yang masih tinggal di Muara, akhirnya berpindah ke Tarutung-Silindung dan mendirikan kampung yang diberi nama Desa Simarlala Pansurnapitu. Dari desa itu, mereka berpindah lagi menuju Pantis-Pahae dan beranak-pinak di sini.
Keturunan marga Siregar yang dari Pantis ini menjelajah dan mendirikan kampung di Onanhasang, di sekitar Pahae. Dari Onanhasang, keturunannya merantau lagi dan mendirikan kampung di Simangumban dan Bulupayung.
Dengan demikian, penelusuran asal-muasal Toga Siregar berawal dari perjalanan panjang perantauan marga Siregar; mulai dari Banuaraja-Sabulan di Pangururan, Kabupaten Samosir, menyebar ke daerah Muara, Humbang Hasundutan (Dolok Sanggul), Pangururan, Bungabondar, Sipirok, Pahae, Simangumban, dan Bulupayung. Meskipun, ada yang berpindah-pindah,
tetapi di tiap-tiap perkampungan yang dibuat selalu ada keturunannya yang tinggal di sana, berkembang-biak dan beranak-pinak serta memiliki tanah, desa atau “huta”. Itulah sebabnya mengapa orang-orang bermarga Siregar selalu mengatakan dirinya berasal dari huta-huta tersebut.
Toga Siregar memiliki 4 orang anak (yang kemudian akan menjadi marga-marga), yaitu: Silo, Dongoran, Silali, dan Siagian.
Keempat keturunan Toga Siregar ini sering dijuluki Si Opat Ama.
      Dari keempat anak ini lahir pulalah marga-marga Siregar:
  1. Silo (dari kata Silogo-logo=nama sejenis kuda)
    Silo
    Sormin
    Baumi
  2. Dongoran
    Dongoran
    Salak
    Pahu
  3. Silali (dari kata lali=nama sejenis burung elang)
    Silali Toruan (=Ritonga)
    Silali Dolok
  4. Siagian
Marga Siregar digolongkan ke dalam subsuku Batak Angkola-Mandailing.Nama-nama marga lainnya adalah: Harahap, Hasibuan, Dalimunte, Mardia, Pulungan, Lubis, Nasution, Rangkuti, Parinduri, Daulae, Matondang, Batubara, Tanjung
dan Lintang.
Marga Siregar yang umumnya bermukim di daerah Tapanuli Selatan berada di wilayah Angkola (Padangsidempuan dan sekitarnya), Batangtoru, Mandailing (Panyabungan—Kotanopan), Padang Lawas
(Gunung Tua dan sekitarnya), Sibuhuan, dan Sipirok.
Orang-orang bermarga Siregar ini pun sudah berbaur maupun kawin campur antarsubkultur dan menyebar ke seluruh pelosok nusantara dan seantero dunia.

termasuk siregar apaa kalian? kalau citra termasuk siregar dongoran keturunan 23 :)

82 comments:

  1. Replies
    1. Aku regar dongoran 17 tuaan aku lah

      Delete
    2. aku ngga ngerti bang siregar 17&18 itu maksudnya kayak mana? :(

      Delete
  2. saya siregar silo 17
    lebih tu saya dunk ya :D
    add fb dunk apara apara
    siregarivan@rocketmail.com

    ReplyDelete
  3. Dear All Appara,
    Saya Jefri Siregar (jeff_regar@yahoo.com)
    Saya Siregar Dongoran.
    Saya mengalami kesulitan saat ditanya teman2 kalo saya Siregar nomor berapa?
    mohon bantuan dari para appara sekalian. berikut silsilah saya:

    Sutan Diapari Siregar (mesjid lama sekolah mahtab)
    Mara Sualoon Siregar
    Salahuddin Siregar (julukan Si Liar/Oppung saya)
    Mara Parningotan Sualoon Siregar ( Bapak Saya)
    Jefri Wahyudi Siregar (Saya)

    Asal keluarga saya dari Sipirok Arse Jahe.

    Mohon bantuan nya..
    Siregar Nomor berapa saya..

    Mauliate..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya aldo siregar, kampung juga daipirok😀

      Delete
    2. Harus di cari lagi abang dari oppung tuan diapari terus ke atas sampai ketemu oppung Dongoran.
      Nomor itu di dapat dari "jumlah generasi mulai dari atas (toga Siregar) sampai ke abang.

      Delete
    3. Saya siregar dongoran nomor 17 asal kluarga saya di sepirok arse huta padang

      Delete
  4. Dear All Appara,
    Saya Jefri Siregar (jeff_regar@yahoo.com)
    Saya Siregar Dongoran.
    Saya mengalami kesulitan saat ditanya teman2 kalo saya Siregar nomor berapa?
    mohon bantuan dari para appara sekalian. berikut silsilah saya:

    Sutan Diapari Siregar (mesjid lama sekolah mahtab)
    Mara Sualoon Siregar
    Salahuddin Siregar (julukan Si Liar/Oppung saya)
    Mara Parningotan Sualoon Siregar ( Bapak Saya)
    Jefri Wahyudi Siregar (Saya)

    Asal keluarga saya dari Sipirok Arse Jahe.

    Mohon bantuan nya..
    Siregar Nomor berapa saya..

    Mauliate..

    ReplyDelete
  5. Dear All Appara,
    Saya Jefri Siregar (jeff_regar@yahoo.com)
    Saya Siregar Dongoran.
    Saya mengalami kesulitan saat ditanya teman2 kalo saya Siregar nomor berapa?
    mohon bantuan dari para appara sekalian. berikut silsilah saya:

    Sutan Diapari Siregar (mesjid lama sekolah mahtab)
    Mara Sualoon Siregar
    Salahuddin Siregar (julukan Si Liar/Oppung saya)
    Mara Parningotan Sualoon Siregar ( Bapak Saya)
    Jefri Wahyudi Siregar (Saya)

    Asal keluarga saya dari Sipirok Arse Jahe.

    Mohon bantuan nya..
    Siregar Nomor berapa saya..

    Mauliate..

    ReplyDelete
  6. Horas di affara Jefri siregar.... pengalaman saya mencari garis keturunan penuh dinamika dan penuh perjuangan waktu dan pikiran dan juga dana.... waktu itu mau mencari bona pasogit saya, dan akhirnya ketemu juga di onan rimbus, Najumambe kec. Pangaribuan... berangkali tidak salah dicari bona pasogit appara jefry siregar terdahulu..... (saya siregar Silo/Sormin No. 17)dari Kecamatan Marancar...

    ReplyDelete
    Replies
    1. This comment has been removed by the author.

      Delete
    2. Yth, buat appara Feber Sormin, kalau boleh saya bertanya apakah ada stambuk siregar silo sama appara,kalau ada mohon ditunangkan di blag ini walaupun secara ringkas, karena aku bertanya ke sesepuh kami di sipirok, katanya kami itu siregar dongoran, tapi akutelusuri dengan jalan lain ada yang mengatakan bahwa kami itu adalah Silo, karena yang selama ini kami di Paluta taunya siregar Salak sama siregar pau, silo, sormin ga ada kalau dongoran ada tapi itupun jarang.jadi untuk pencerahan untuk saya appara tolong di tuangkan walaupun secara ringkas. Tarimokasi au parjolo, nasa godang2 na.

      Delete
    3. Saya Boru Regar silali no 16 dari muara..opung pamusung

      Delete
  7. Kalau sudah ketemu Bona Pasogit (asal mula oppung, atau bapak nya oppung) Nanti dari Bona pasogit)..

    ReplyDelete
  8. Saya VERY USEVUL siregar dongoran glr SATIA SUTAN.tempat tinggal di HURISTAK .kl boleh tahu dari mana asal usul nya.nama2 sebelum aq
    (JAMAHIR.JASUMOUT.JARUMOMBANG.UJUNG BOSI.

    ReplyDelete
  9. Saya VERY USEVUL siregar dongoran glr SATIA SUTAN.tempat tinggal di HURISTAK .kl boleh tahu dari mana asal usul nya.nama2 sebelum aq
    (JAMAHIR.JASUMOUT.JARUMOMBANG.UJUNG BOSI.

    ReplyDelete
  10. Horaassss....Saya Adinan Syafrizal Siregar Dongoran gelar Sutan Muda Hasayangan

    ReplyDelete
  11. Saya siregar siagian.. Sama ga ya dgan siregar yg ini

    ReplyDelete
  12. Sejak kapan ada siregar salak?
    Jangan salah menafsirkan bro
    Pahami dulu tarombo itu
    Siregar cuma 4
    Silo
    Dongoran
    Silali
    Siagian

    Gk pernah ada nama nya Siregar Salak


    Salam dari Siregar siagian nmr 16

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ada lae siregar salak,memang mungkin jarang. Saya bisa bilang ada karena tetangga saya siregar salak. Saya pun baru dengar klo siregar salak ada.
      Saya sendiri siregar sormin gen 17,mauliate

      Delete
    2. Saya siregar salak dari bungabondar sipirok...

      Delete
    3. Horasss abang...
      Aku siregar siagian no.19 dr simangumban pahae jae..
      Siregar salak mungkin krn dulu nya ada yg punya kebun salak jd di panggil nya siregar salak,, hingga skrg jd marga siregar salak (mungkin...),,, maaf kalo salah,, hehehhe...

      😁😁😁😁

      Delete
    4. Kalo kau tanya sejak kapan ada Siregar salak..aku pun tak tau nya bro..tapi ku tanya bapakku aku adalah Siregar salak kampung ku di gunung tua jae Paluta..gelar ku Baginda muda naposo Siregar bapakku maraenda Siregar ompungku Baginda muda Siregar dan ke atasnya ja endar,ja panjang,ja enggak...horas

      Delete
    5. Sorry ralat dikit gelatik Yongki muda naposo Siregar..horas horas horas

      Delete
    6. Ralat lagi hahahaha..gelarku tongku muda naposo Siregar..horas horas horas

      Delete
  13. Molo au Siregar silali manaham no 17.
    Horas di appara dohot akka ito..

    ReplyDelete
  14. Saya Arief Siregar
    Saya Siregar Ritonga keturunan 17
    Cucu dari Haji Marah Kamin Siregar bin Haji Abdullah Umar Siregar

    ReplyDelete
  15. Horas salam kenal untuk semua saya Siregar Dongoran No 16 dr opp parlindungan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Boleh tu kalau ada tarombonya mohon di share ke betulan katanya saya dari Ompu DJAJUA

      Delete
  16. hallo saya siregar siagian nomor 17
    saya mau tanya.. marga siregar saudaraan sama Nainggolan kan?
    selain itu apa lagi ya selain Nainggolan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Situmorang,, sinaga,, pandiangan,, nainggolan,, aritonang,, simatupang... Salam saya siregar silali(ritonga) no. 17

      Delete
    2. Au siregar Siagian no. 16

      Delete
  17. Replies
    1. ada tarombonya kahmohon di share siregar dari mana ? maksudnya dongoran ke bawah sampai ke orang tua kita

      Delete
  18. hallo NAMA SAYA ANGGIA PUTRA SIREGAR AYAH SAYA BERNAMA ARBAIN SIREGAR SEDANGKAN KAKEK SAYA BERNAMA AMIR HAMZAH SIREGAR DAN AYAH KAKEK SAYA BERNAMA MALIM BANDAHARO SIREGAR... SETELAH ITU SAYA TAK TAU LG AKAR KETURUNAN SAYA KEATAS. TP MENURUT KETERANGAN KAKEK SAYA ASALNYA DARI PADANG BOLAK.. KIRA2 KEMANA KITA DPT MENELUSURINYA YA....ATAS PERHATIAN DAN JWBANNYA SAYA UCAPKAN TERIMA KASIH

    ReplyDelete
  19. Saya siregar dongoran no.16
    Tua x brarti kami ya..
    Hahàaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo pra aku juga siregar dongoran no.16 16 dari muara pra

      Delete
  20. Saya mau tanya..
    Saya erika Sinaga bonor punya pacar marga Siregar siagian. Banyak yg bilang kmi sama2 dri lotung...
    Tp kami bukan marpadan..
    Apakah kami bisa mlanjutkan hubungan kmi dgn marga yg ada? Krn kmi jadi ragu. Aoakah kmi salah??? Siregar dan sinaga tidak boleh kah...
    Mohon.bantuannya kak, bng, pak biar saya mngerti

    ReplyDelete
  21. https://youtu.be/3474ew5bqvU

    Bisa dilihat mulai dari si Raja Batak sampai ke Siregar nya disini. Lebih pasti 😉

    ReplyDelete
  22. horaass...Siregar Dongoran nomor 17 dari Pangaribuan Garoga

    ReplyDelete
  23. horas
    saya erwin h siregar
    siregar silo 17
    berasal dari desa pea arung
    sebuah desa dari keturunan DATU NASANGAP
    dan dua anak nya yaitu JAMBE ULUBALANG DAN NAUBANON
    dan makam dari Jambe ulubalang serta Naubanon masih ada di PEA ARUNG

    ReplyDelete
    Replies
    1. This comment has been removed by the author.

      Delete
    2. Horas.. Appara ku Erwin Siregar, Saya juga Siregar Silo 17, pinompar Ompu Tuan Sumar, anak dari Ompu Raja Naubanon. Menurut cerita dari Bapak Saya Leluhur kami dari Lumban Sormin Pangaribuan (Taput). Cuma mau sedikit info, apakah benar Makam dari Ompu Datu Nasangap ada di Pea Arung Lintong Nihuta (Samosir) kalau itu benar itu harus dijadikan tempat napak tilas juga dr keturunan Siregar Silo - Sormin selain Tugu persatuan Toga Siregar yg ada di desa Bariba Niaek Muara (Taput). Mauliate Appara ku Erwin Siregar

      Delete
  24. Horas, saya firman ritonga (siregar dilali)

    ReplyDelete
  25. Horas, saya firman ritonga (siregar dilali)

    ReplyDelete
  26. Horas,saya Richard siregar (Siregar dongoran no 17..mauliate

    ReplyDelete
  27. Syalom .
    Salam sejahtera buat kita semuanya .
    Info ya bg.
    Punguan Siregar di Medan .
    Saya silalli no 18

    ReplyDelete
  28. Horas,saya siregar siagian no 17 dari muara..
    Kenapa ada yang bilang siregar siagian sebagian ada yang bilang siregar sianggian mana yang sebenarnya yang pas ??

    ReplyDelete
  29. Saya aldo siregar, sormin sipirok😀

    ReplyDelete
  30. Saya Siregar pasir pengaraian karena kami tak bisa menyambungkannya keatas..jadi kaet..jalasiak..Syawal..Hasan..HERIYANDI...azzadiq Herzi siregar itulah Siregar kami

    ReplyDelete
  31. Horas diakka ito dohot appara..molo hujaha do sebagian koment di artikel on..adg do namanukkun "saya no berapa??

    Nomor marga itu diambil dari no marga setelah bapa..contoh nya bapak saya siregar silo sormin no 16..jadi kami anak anak nya adalah siregar silo sormin 17..itu lah yang saya tau.mohon di tanggapi

    Saya Halomoan sormin no 17.asal pangaribuan desa lumban sormin..mauliate horas

    ReplyDelete
  32. Horas diakka ito dohot appara..molo hujaha do sebagian koment di artikel on..adg do namanukkun "saya no berapa??

    Nomor marga itu diambil dari no marga setelah bapa..contoh nya bapak saya siregar silo sormin no 16..jadi kami anak anak nya adalah siregar silo sormin 17..itu lah yang saya tau.mohon di tanggapi

    Saya Halomoan sormin no 17.asal pangaribuan desa lumban sormin..mauliate horas

    ReplyDelete
  33. Horas , Assalamualaikum
    Saya fajar naulj siregar ,
    SIREGAR SALAk

    ReplyDelete
  34. Saya turunan siregar si lali yg 14

    ReplyDelete
  35. Ssya siregar tapi binghung klw ktemu marga batak sprti hasibuan, harap dll manggil nya apa.
    Krna meskipun aku bermarga.. Tapi lebih ke jawa krn ibu aku jawa..
    Solusinya dong apara2.. Hehee

    ReplyDelete
  36. Horas bah para aparat sasudena,molo au Siregar dongoran do,molo guarna rajakku.khotip jajaran.

    ReplyDelete
  37. Horas appara...
    aku siregar Siagian No.17|
    Huta Pahae Julu

    ReplyDelete
  38. Horas.No16 sian Op Biduk Dongoran.
    Johan Dongoran/br Pakpahan 4anakna ->
    (Hasan Dongoran->5anakna diPangaribuan)

    ReplyDelete
  39. Molo au, siregar Dongoran ke 21. Salam parsatuan dihita marga Siregar. Horas

    ReplyDelete
  40. Siregar adalah suku BATAK TOBA bukan BATAK ANGKOLA...

    ReplyDelete
  41. Horas apara,ito molo au siregar Silo ke 16 Sian Muara(Aek nalas) kec.Uluan

    ReplyDelete
  42. Horas semuanya..
    Mngkn lain daerah lain versi ya.
    Saya Siregar salak yg berasal dari sosa Sidempuan.
    Setau saya Siregar itu hanya 4 bersaudara dan Siregar mempunyai bapak yg bernama/bergelar raja samudra. Dan Siregar itu artinya adalah harimau.
    Maaf jika saya salah Krn sumber itu sy dapatkan dari bapak dan opung saya.
    Memang menurut orang Batak Toba (utara) bahwa Siregar itu berasal dari sana tp orang Batak selatan
    Mengatakan aslinya Siregar adalah dari selatan.
    Terlepas drmn yg benar kita tetap satu Siregar.
    Note : Siregar Utara (Kristian)
    Siregar selatan (muslim)

    ReplyDelete
    Replies
    1. memang benar siregar dari utara itu kalau ngak salah silalih pra

      Delete
  43. Saya andi setiawan siregar ,kampung padangsidempuan ...

    ReplyDelete
  44. setau saya yg saya dapat dari tua tua di kampung
    kalau siregar tu tak ada yg pake nomor nomor
    yg pakai nomor nomor itu dari yg bermarga lain
    dan di jelas kan sama tua tua di kampung mengenal siregar dari mana dan tau nama opung nya

    kalau kurang jelas lg boleh kita shaer saya punya data siregar lengkap dan asal usul nya

    jadi ngak ada siregar yg pake nomor
    wahyuiskandar273@hmail.coom

    ReplyDelete
    Replies
    1. tolong d share dong appara data siregar nya, sy pengen tau

      Delete
  45. Salam dari Keluarga Besar GGB ^-^)/ kunjungi balik web silsilah keluarga kami ya https://www.ggb.my.id/p/ranji-tanjuang-ggb.html

    ReplyDelete

luvne.com ayeey.com cicicookies.com mbepp.com kumpulanrumusnya.comnya.com tipscantiknya.com